Diabetes - Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Diabetes/Kencing Manis

Ditulis oleh: -
diabetes
Diabetes atau disebut juga kencing manis, merupakan penyakit yang terjadi karena tubuh tidak mampu memecah glukosa yang masuk. Glukosa adalah zat gula yang terdapat pada makanan berkarbohidrat, seperti nasi, gula, buah, dan susu. Glukosa tersebut harusnya dipecah oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun pada penderita diabetes, hormon tersebut bermasalah. Entah karena hormon insulin-nya tidak mampu melakukan tugas, atau justru tubuh yang tidak mampu mengeluarkan hormon insulin.

Jadi, tidak benar jika diabetes disebabkan terlalu banyak zat gula. Kenyataan medisnya, bukan zat gulanya yang terlalu banyak, melainkan tubuh yang tak lagi mampu menangani zat gula tersebut.

Jenis Penyakit Diabetes dan Dampaknya
Ada dua jenis diabetes, yang disebut diabetes 1 dan diabetes 2.

Penyakit Diabetes yang pertama adalah diabetes yang terjadi karena tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin, kemungkinan disebabkan sel yang memproduksi insulin telah hancur. Biasanya penghancuran ini dilakukan oleh virus. Diabetes 1 terjadi pada usia di bawah 40 tahun, termasuk anak-anak.

Pada diabetes yang kedua adalah penyakit diabetes dimana tubuh masih mampu menghasilkan insulin, namun tidak bisa bekerja maksimal. Ini menyebabkan hanya sebagian saja glukosa yang mampu dihancurkan. Diabetes ini menyerang usia 40 tahun ke atas, dan merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita. Lebih dari 85% pengidap diabetes adalah pengidap diabetes jenis 2.

Diabetes tipe 1 lebih cepat dan berbahaya daripada jenis 2. Pada jenis 1, semua glukosa langsung diserap darah tanpa dipecah sama sekali. Sedangkan pada jenis 2, hanya sebagian saja yang langsung terserap darah, sebagian yang lain bisa dipecahkan lebih dulu. Jenis 2 lebih lambat prosesnya daripada jenis 1.

Penyebab Diabetes
Penyebab diabetes bermacam-macam. Bisa melalui genetik (keturunan), kegemukan, dan riwayat penyakit jantung. Untuk kegemukan, bisa diukur melalui lebar pinggang. Untuk perempuan, lebar pinggang yang beresiko tinggi terserang diabetes adalah 35 inchi. Sedangkan untuk lelaki selebar 31 inchi.

Gejala Diabetes - Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Penyakit Diabetes/Kencing Manis
Tanda-tanda munculnya diabetes pada umumnya dapat dilihat seperti berikut.
  1. Lebih sering kencing, terutama pada malam hari. Hal ini dikarenakan tubuh ingin membuang sebagian besar glukosa yang tak terpakai melalui urin.
  2. Sering haus, mudah lelah, dan kehilangan tenaga. Mengingat glukosa adalah zat utama pembangun energi, maka glukosa yang tak bisa dipecah tersebut tak mampu menjalankan fungsinya sebagai sumber tenaga bagi tubuh.
  3. Penglihatan kabur. Terjadi karena pengeringan pada lensa mata.
  4. Sembelit, sakit perut, dan kram.
  5. Gatal-gatal di daerah kemaluan.
Jika Anda menemui tanda-tanda tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Diabetes adalah penyebab utama terjadinya gagal ginjal. Juga, sebanyak 75% penderita diabetes mengalami gangguan urat saraf. Cegah sebelum terlambat.
Diabetes - Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Diabetes/Kencing Manis
Diabetes - Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Diabetes/Kencing Manis ditulis Oleh Zona Informasi Berita Terbaru pada 2013-12-20T09:55:00+07:00 dengan rating 4,8 oleh 151 voters on Informasi Berita Terbaru 2014.