Stroke - Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Ditulis oleh: -
Stroke
Pengertian Stroke (baca: struk) adalah serangan otak yang timbul akibat pecahnya pembuluh darah otak (serebrovaskuler). Penyebab Stroke terjadi adalah karena adanya penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah menuju otak, sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang.

Dalam ilmu kesehatan dasar, kita tahu bahwa darah yang dialirkan ke otak adalah sebanyak 1/50 atau sekitar 2% dari seluruh darah yang diproduksi tubuh. Jatah darah yang didapat otak ini merupakan jatah terbanyak, karena otak merupakan pusat syaraf yang mengatur semua gerak dan kesadaran kita. Anggota tubuh lain hanya mendapat rata-rata 0,5%. Oleh karena itu, ketika aliran darah menuju otak ini terganggu, maka otak menjadi kehilangan fungsinya.

Ciri-Ciri/Gejala Orang Yang Mulai Terkena Stroke

Gejala awal penyakit stroke umumnya dikenali dari perilaku di bawah ini:
  • Rasa kebas atau kesemutan yang datang tiba-tiba, sering, dan lama, serta merasa lemas atau kaku pada anggota gerak.
  • Bingung secara mendadak, bicaranya sulit ditangkap dan kurang jelas.
  • Penglihatan tiba-tiba mengabur.
  • Keseimbangan goyah, sering terhuyung dan mendadak sulit berjalan.
  • Sering sakit kepala tanpa tahu penyebabnya.
Sedangkan gejala stroke yang sudah lumayan berat diantaranya:
  • Merasa panas, mual dan muntah-muntah secara terus menerus.
  • Sering pingsan secara mendadak, atau kehilangan kesadaran tiba-tiba.

Cara Mencegah Stroke Sejak Dini

Stroke merupakan pembunuh kedua terbesar setelah penyakit jantung, dengan angka kematian 18%-37%. Sebuah penelitian kesehatan mencatat, pada akhir 2012 terdapat sedikitnya 500.000 kasus stroke, 12.500 diantaranya meninggal dunia.

Mengingat penyakit ini begitu serius dan sering kita jumpai, maka sebaiknya kita mengenali gejala penyakit stroke tersebut, sekaligus mengupayakan pencegahannya.

Cara mencegah stroke sebenarnya cukup mudah. Beberapa langkah pencegahan seperti di bawah ini layak untuk dicoba:
  1. Hindari alkohol dan merokok. Merokok menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan berujung pada serangan jantung. Selain tensi darah yang tinggi, dua hal ini adalah pemicu utama penyakit stroke.
  2. Kendalikan stres dan depresi. Pemikiran yang terlalu dalam dan berlarut-larut sering membawa dampak buruk bagi kesehatan.
  3. Makan makanan bergizi. Seimbangkan pola makan keseharian kita, seperti karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan. Sering mengkonsumsi junk food juga tidak baik untuk kesehatan.
  4. Kurangi garam. Garam dapat meningkatkan tensi darah dengan cepat.
  5. Olahraga dan jaga berat badan. Joging setiap pagi atau sering-sering berjalan kaki merupakan terapi paling mudah untuk membakar lemak. Obesitas atau kegemukan beresiko memunculkan penyakit jantung, diabeter, dan stroke.
Untuk mencegah stroke, hal paling utama yang harus kita pegang adalah pola hidup sehat. Sepanjang kita hidup dengan sehat, makan teratur, istirahat cukup, olahraga rutin, serta menghindari makanan atau minuman yang merusak tubuh, maka penyakit tidak akan dengan mudah menyerang kita.
Stroke - Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini
Stroke - Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini ditulis Oleh Zona Informasi Berita Terbaru pada 2013-11-13T08:30:00+07:00 dengan rating 4,8 oleh 151 voters on Informasi Berita Terbaru 2014.